Linux | Wisata | Makanan | Game

Berbagi Apa yang Saya Miliki Walau Hanya Sedikit

Linux on USB Flash Disk

pada 26 Agustus 2008

Awalnya gara-gara tetangga gw yang komputernya kena virus melulu gara-gara make OS Windows dan sembarangan nyolog flash disk dari warnet. Tiap malem minggu gw disuruh ke rumah dia buat benerin PC, ataupun sekedar tanya penggunaan aplikasi baru.

Awal-awal sih gw enak aja waktu ke rumah dia ngebenerin PC, tapi lama-lama problem virusnya dateng melulu soalnya harddisk dia udah jadi tempat nginyem berbagai macam virus. Akhirnya sebentar-sebentar gw dateng ke rumah dia.

Virus yang terahir dateng ke sistem dia ternyata bikin blue screen kalo kita mau liwat save mode, n kalo pake mode normal dia matiin semua program yang disangka antivirus. Gw kesel, waktu itu udah malem, kira2 jam 2, dan besoknya gw juga ada acara. Akhirnya gw bikin dual boot n gw installin vector linux. Kelar nginstal, gw mainin desktopnya biar mirip2 ma windows (ilmu gw baru dikit udah sok2an gitu^^) terakhir gw tambahin opsi ‘ntfs-3g’ di fstab buat ngenalin harddisk ntfs punya windows n data dia. terakhir gw bilang ajah;
“Udah ul, gw mao balik, lw gunain aja ni ‘windows versi baru'(hehe) ni buat ngetik namanya open office”, gw ajarin make aplikasi n ngakses drive n file.

Nah, seminggu kemudian, jam 11 malem gw baru pulang, keluarganya ngerengek. katanya bingung dengan si ‘windows baru’. Hehe apa boleh buat gw ambil tindakan darurat, soalnya gw ga sempet ngambil clamav di warnet. wine juga entah dimana.

– gw masuk ke OS vector

– gw search semua file *.exe (coz waktu itu virusnya dateng dari extensi exe duang)

– gw delete semuanya (sebelumnya gw konfirm dulu ke orangnya^^)

– gw restart

– virus ilang

– ngapus startup di msconfig, regedit, and di services

– si windows jalan lagi.

Nah, kasus diatas diatasin oleh satu buah CD instalasi. tapi karena berupa CD instalasi, gw males juga nunggu kelar instalasi OS n bikin partisi baru. makan waktu. Akhirnya gw nyari2 livecd biar ceped. waktu itu gw punya backtrack sama ubuntu. problem selesai.

Nah problem dateng lagi ketika gw ngebenerin PC lama. ramnya irit(^^). si linux live lamaaaaa banget keluarnya. hang lagi, padahal udah gw bikin swap gede.

Akhirnya gw nyari livecd kecil macem dsl, slax, dsb.
Masalah selesai.

Nah problem datang lagi, gw suka jorok kalo punya CD. jadi cepet baret n rusak. gw bingung lagi. Akhirnya setelah mikir sampe cepirit gw googling n nyobain distro yang kecil tapi banyak utiliti (maksa banget). Akhirnya gw download puppy linux.

Gw burn, n gw jalanin. Nah, ternyata ni liveLinux lebih cepet loadnya daripada si slax, lagipula sama2 ada wizard buat bikin live usb-nya.

Yawdah, akhirnya flashdisk gw, gw partisi jadi dua, n di partisi kedua gw taro filenya.

Ahh, akhirnya gw punya live usb. hehe


Tinggalkan Balasan

