Linux | Wisata | Makanan | Game

Berbagi Apa yang Saya Miliki Walau Hanya Sedikit

Sharing/kirim Game dan Aplikasi di Ponsel Sony Ericsson / SE

pada 26 Agustus 2008

Dulu awalnya gw sempet bingung gimana caranya ngirim aplikasi maupun game (extensi *.jar) di HP SE K600i gw(hiks hp gw kecopetanT_T). dari HP ke HP gak bisa. Akhirnya gw nyoba beli bluetooth yang buat dicolog ke komputer. bentuknya kayak USB Flash gitu deh warnanya biru. nih kayak begini nih:

Nah itu USB Bluetooth gw beli harganya 20rb. jadi si PC/laptop bisa receive/nerima dan transmit/kirim data liwat bluetooth (standar 802.15). nah, cara ngaksesnya itu lewat software namanya blue soleil;

Disana ada menu “file sharing” jadi, isi ponsel SE K600i gw bisa di remote buat di apus atau di tambahin. Tapi teteup aja folder aplikasi n games gak nongol. dongkol juga gw.

Nah, suatu waktu, gw lagi iseng download software game n aplikasi, gw nemu aplikasi Moby Explorer. Ini aplikasi gunanya adalah file explorer multifungsi, seperti ngebaca file text, rename file, encrypt file, kompresi file, dan lain semacamnya.;

Nah, iseng-iseng gw nyoba ngirim file Assassin Creed.jar tapi extensi .jar-nya gw ganti jadi Assassin Creed.mamet (hehe). Nah, tadinya kalo lewat bluetooth, semua aplikasi berekstensi .jar pasti ga bisa di paste (karena gw pake bluetoot USB lewat file manager jadi istilah kirimnya pake perintah “paste”).Nah setelah ekstensi gw ganti jadi .mamet, tu file mau kekirim. HEHE berhasil berhasil, dan gw simpen di folder “other”

Setelah Aplikasi assassin masuk ke folder ‘other’, gw buka moby explorer, dan gw rename “assassin.mamet” jadi “assassin.jar” dan ternyata iconnya langsung berubah berlambang java.

Nah, setelah itu gw keluar dari moby explorer, dan gw jalanin “asassin creed.jar” yang ada di folder other. Nah, ternyata pas gw jalanin, dia nyuruh letakin file itu di aplikasi/game (jadi seolah2 di install gitu). setelah itu, game masuk ke folder yang kita pilih dan bisa dimainkan. hehe sedangkan “assassin creed.jar” yang ada di folder ‘other’ tetep ada, dan tinggal di rename lagi buat dikirim ke temen2.

Tapi ternyata ada cara yang lebih mudah kalo2 lw cuma mao mindahin file .jar dari PC ke HP tanpa download Moby Explorer. Caranya:

* Di PC, aplikasi misalnya “compass.jar”, anda rename jadi “compass” (tanpa ekstensi), kemudian gandain file “compass” dengan nama lain misalnya “compass2” (masih tanpa ekstensi)

(nge-rename file “compass.jar” jadi “compass”)

(duplikat file “compass”)

* Kemudian File “compass” dan “compass2” itu anda kirim lewat bluetooth dan masukin ke folder ‘other’

* Nah, rename salah satu file misal “compass” jadi “compass.jar”. Yang “compass2” biarin aja. (dalam hal ini, si SE type apa aja bisa nge rename tanpa perlu aplikasi moby explorer, penjelasannya nanti di bawah)

* Nah dengan begini, si “compass.jar” bisa anda install ke SE anda, dan “compass2” bisa anda kirim ke teman anda.

(nah 2 file tadi note: file2 ini diasumsiin ada di folder ‘other’ SE ^^)

Bingung ya? hehe moga2 enggak deh. ^^

–> cukup kalo mau udahan bacanya <–

Nah, disini gw jelasin kenapa file “compass.jar” tadi gak gw rename jadi “compass.jadul”, “compass.japra” dan sebagainya. Jika kita me-rename file “compass.jar” tadi menjadi “compass.japra”, si japra bisa marah (hehe) maksud gw, file “compass.japra” tadi akan dibaca oleh ponsel SE sebagai:

nama file: Compass

Jenis file: Japra

sehingga kalo file “compass.japra” kita rename misalnya tambahin “.jar”, maka yang akan terjadi nama “compass.japra” akan menjadi “compass.jar.japra”, bukannya “compass.japra.jar”. Hal ini akan menyebabkan file “compass.jar.japra” tetap menjadi file ‘.japra’, bukan ‘.jar’, karena SE (dan os semacam windows) menentukan jenis file melalui kata setelah titik/dot terakhir, dalam hal ini adalah “japra”

contoh: compass.jablay.jamu.jar = filetype: .jar

compas.rar.zip.tar.gz = filetype: .gz

Nah, jadi kalo kita rename jadi “compass” (tanpa ekstensi atau ‘.blablabla’), maka si SE akan membaca:

Nama File: Compass

Jenis File:

Alias, dia belum bisa menentukan jenis file si “compass” tadi, sehingga jika kita rename menjadi “compass.jar”, maka otomatis si SE akan membaca:

Nama File Compass

Jenis File: .jar

begeto.. hehe.. muph kalo ada salah2 penjelasan..


5 responses to “Sharing/kirim Game dan Aplikasi di Ponsel Sony Ericsson / SE

  1. ibnumarogi mengatakan:

    hape lu met?

  2. ulghu mengatakan:

    jah, komen-nya… :p ogi jgn maen MLM…!

  3. aizurikimaru mengatakan:

    aduh2 ada2 ja kalian ceile

  4. Mybro mengatakan:

    Met, bagi dong game2nya. Kirim linknya ke email gw met.

Tinggalkan Balasan

