Linux | Wisata | Makanan | Game

Berbagi Apa yang Saya Miliki Walau Hanya Sedikit

QUICK BASIC DI WINDOWS 98,Me,XP (bukan vista atau seven)

pada 10 November 2010

Langsung ke pokok masalah ya.. karena tulisan ini dipersembahkan buat kwan2ku di UMJ

Buat download file quick basic untuk windows kita download dari situs http://6ti-umj.blogspot.com/

klik pada “quick basic” nih seperti gambar:

Nah kalo udah kita taro kita buka windows explorer dan bikin folder baru di C: dengan nama misalnya quickbasic

Kemudian Copy file “qb45.zip” kedalam folder quickbasic yag tadi kita bikin, abis itu di “extract here”

sampe tahap ini udah dulu.. selanjutnya klik start –> run

akan muncul jendela baru.. ketik aja cmd

nanti bakal keluar layar item2 kaya begini:

sampe sini klik item2nya ada tulisan “C:\Documents and Settings\nama-user>” trus ada kursor kedip2.. ketik perintah dibawah:

cd \

cd quickbasic

nah sampai sini juga ditahan dulu…

Kalo kemarin di Lab buat text editor kita pakai gedit tapi di windows kita bisa pakai notepad

Q: Caranya gimana?

A: Klik start–>run ketik notepad

nanti keluar ginian:

nah kalo di Lab kita ngetik soal di gedit kalo sekarang kita ngetik soal di notepad

lanjut ya…

sekarang misalnya ada soal menghitung luas segitiga… maka di notepad kita tulis:

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

print “Ini Adalah Program Buat Nyari Luas Segitiga”

input “masukan nilai alas:” ,a

input “masukan nilai tinggi:” ,b

c=a*b/2

print “Jadi Luasya Adalah” ,c

end

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

tampilannya kurang lebih jadi:

Nah lanjut deh.. sekarang kita save filenya. Kemana?? ikuti perintah dibawah:

klik file–>save as

maka akan ada tampilan save.. tapi kita harap simpen file-nya di C:\quickbasic (tempat tadi kita extract qb45.zip)

kemudian kita namakan file-nya misalnya luas.bas (pake .bas ya jangan lupa) dan save as type kita ganti jadi All files. kemudian kita klik save

Nah sampe sini cukup dulu…

kita beralih ke cmd (layar item2 sebelumnya)

kita cek, apa si file luas.bas ini udah ada di folder C:\quickbasic ga? (sebenernya bisa liat lansung di windows explorer)

kita ketik:

dir /w

maka akan tampil isi dari folder C:\quickbasic tadi, liat ada ga luas.bas. kalo ada kita lanjut..

nah lanjut.. kalo kemaren kita pake command fbc luas.bas -lang qb

kalo sekarang agak beda. Di linux Ubuntu data luas.bas langsung dijadikan program baru oleh fbc yaitu luas yang bisa dijalankan dengan ./luas

Kalo di windows. data luas.bas dijadikan luas.obj dulu oleh program BC.EXE kemudian luas.obj dijadikan program luas.exe oleh LINK.EXE baru deh luas.exe itu bisa dijalankan: skemanya bisa diliat di bawah:

Simplenya kalo di Ubuntu.. tinggal fbc luas.bas -lang qb beuts langsung jadi, tinggal ./luas

kalo di windows mesti: bc.exe luas.bas (menghasilkan luas.obj) , abis itu link.exe luas.obj (menghasilkan luas.exe) baru deh buat ngejalaninnya pake luas.exe

lanjut aja deh… di cmd kita ketik:

bc.exe luas.bas (bakal ada pertanyaan <enter> aja ampe abis)

link.exe luas.obj (ada pertanyaan lagi <enter> aja ampe abis)

nah selesai deh. selamat.. anda telah berhasil membuat program luas segitiga.. kalo mau coba programnya ketik aja:

luas.exe

selamat mencoba happy share

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


One response to “QUICK BASIC DI WINDOWS 98,Me,XP (bukan vista atau seven)

  1. endro mengatakan:

    thank’s alot da share………….
    moga kita tetep biasa saling tukar pikiran n pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: