Linux | Wisata | Makanan | Game

Berbagi Apa yang Saya Miliki Walau Hanya Sedikit

Membuat Repositori Ubuntu di Harddisk dari DVD atau iso Repo

pada 10 Februari 2011

….Sebetulnya Ubuntu sudah sangat berbaik hati dengan menyediakan server source repositori untuk memudahkan pengguna dalam menginstall library ataupun aplikasi, namun banyak juga yang mengeluh dengan mengatakan pc mereka tidak dapat terkoneksi dengan internet, namun sekali lagi Ubuntu menyediakan sofware repositori dalam bentuk media DVD. File isonya bisa di download di:

ftp://kambing.ui.edu/pub/ubuntu-repository/

….Bagaimana bila kita pake netbook yang ga ada dvd-rom nya? Atau kalo kita merasa repot, masa tiap kali install software mesti masukin DVD. Ya kita copy aja file *.iso-nya buat di mount di harddisk. Oke sebelum itu diasumsikan bahwa kita memiliki file *.iso DVD repo Ubuntu(misal versi 10.10).

….Kebetulan kemarin pak onno ngajarin di kampus. Nah file-file *.iso tadi kan perlu di mount di sebuah direktori (kalo di windows bisa pake virtual cd), maka ayo deh kita buat direktori (bagusnya di /mnt) sebanyak DVD repo yang kita punya, misal kita punya 6 dvd ya kita buat 6 direktori:

~$ cd /mnt

~$ mkdir a b c d e f

….Misal kita naro file *.iso di direktori /home/nama_user/iso-repo-ku. Maka agar iso DVD tersebut otomatis di load setiap system ubuntu dijalankan kita harus mengedit file fstab yang ada di /etc/

(file iso di home folder)

….File fstab sendiri fungsinya memetakan filesystem default dengan perintah mount yang akan dibaca saat Start-up. Edit filenya seperti dibawah:

~$ sudo nano /etc/fstab

….Kemudian tambahkan baris berikut pada akhir file fstab:

# list iso
/home/ichachi/iso-repo-ku/Ubuntu-Maverick-Repo-1.iso /mnt/a iso9660 loop,defaults 0 0
/home/ichachi/iso-repo-ku/Ubuntu-Maverick-Repo-2.iso /mnt/b iso9660 loop,defaults 0 0
/home/ichachi/iso-repo-ku/Ubuntu-Maverick-Repo-3.iso /mnt/c iso9660 loop,defaults 0 0
/home/ichachi/iso-repo-ku/Ubuntu-Maverick-Repo-4.iso /mnt/d iso9660 loop,defaults 0 0
/home/ichachi/iso-repo-ku/Ubuntu-Maverick-Repo-5.iso /mnt/e iso9660 loop,defaults 0 0
/home/ichachi/iso-repo-ku/Ubuntu-Maverick-Repo-6.iso /mnt/f iso9660 loop,defaults 0 0

….Jangan lupa save filenya, kemudian kita tambahkan list paket di file /etc/apt/source.list seperti dibawah; masuk terminal dan ketikkan:

~$ sudo nano /etc/apt/source.list

….Tambahkan baris berikut:

# From File
deb file:”/mnt/a/” intrepid main restricted
deb file:”/mnt/b/” intrepid main multiverse restricted
deb file:”/mnt/c/” intrepid universe
deb file:”/mnt/d/” intrepid universe
deb file:”/mnt/e/” intrepid universe
deb file:”/mnt/f/” intrepid universe

….Jangan lupa save yaa🙂

(file di source.list)
….Kemudian masuk terminal kembali dan ketikkan perintah dibawah:
~$ sudo mount -a
~$ sudo apt-get update

….Nah kalo udah tinggal dicoba deh install sebuah program yang anda inginkan. Simple kan🙂 ~happy linux~


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: