Linux | Wisata | Makanan | Game

Berbagi Apa yang Saya Miliki Walau Hanya Sedikit

Efek 3d Rotate Cube di Ubuntu Linux

pada 10 Februari 2011
Ubuntu adalah salah satu distro linux berbasis debian yang paling populer saat ini (menurut distrowatch.com). Dengan menggunakan Gnome sebagai Desktop Managernya, distro ini terlihat apik dan cukup ringan (walaupun tidak seringan versi LXDE-nya).
Ubuntu

Ubuntu

Salah satu nilai plus dimata saya adalah tambahan aplikasi compiz yang membuat desktop ini jadi menawan yakni sistem operasi 3D yang membutuhkan resource yang lebih sedikit dibanding windows vista😀.

Sebenarnya compiz sudah ada dalam paket Ubuntu, masalahnya adalah kartu grafis kita apakah sudah didukung atau tidak (bila tidak anda harus install manual (biasanya berupa paket *.run) yang tidak saya jelaskan disini).

Asumsi saya disini adalah Kartu Grafis kita dikenali dan support composition, cara paling simple mengenalinya adalah dari menu: System –> Preferences –> Appearance Kemudian lihat pada tab “Visual Effect” kemudian coba klik pada radio button “Normal”, ataupun “Extra”, jika tidak ada pesan error, maka secara default kartu grafis anda telah terinstall (driver).

Sebelumnya saya memakai Ubuntu Lucid Lynx (10.04) dan disana belum terinstall Compiz Config untuk mengatur Desktop Cube agar Ubuntu Saya terasa 3D. Karena sekarang saya menggunakan Sabily Al Quds 10.10 Ultimate dengan basis Ubuntu 10.10 yang sudah Ultimate (baca: Aplikasinya lengkap karena berupa keping DVD) so Compiz Config sudah include dan saya asumsikan Ubuntu 10.10 belum terinstall Compizconfig-manager.😀

Langkah pertama buka gnome-terminal (alt + F2 –> ketik gnome-terminal), kemudian ketikkan:

$ sudo apt-get install sudo apt-get install compizconfig-settings-manager

Bisa dilihat pada gambar, tapi punya saya udah keinstall duluan jadi di skip sama si Ubuntu.

install compizconfig-setting-manager

install compizconfig-setting-manager

Bila Penginstallan Sukses, setelah selesai lihat pada System –> Preferences, akan ada sebuah menu baru yaitu “Compizconfig-setting-manager”, okeh klik aja itu, maka akan terbuka window Setting Compiz.

compizconfig-setting-manager

compizconfig-setting-manager

Setelah itu pilih left tab “Desktop” kemudian aktifkan ‘rotate cube’ dan klik “Enable Desktop Cube”, yang mana saat ‘desktop wall’ kita aktif, akan ada kotak dialog, pilih saja “Disable Desktop Wall” kemudian lihat sampai ‘desktop cube’ dan ‘rotate cube’ tercentang.

Sebetulnya ada banyak pengaturan yang bisa kita custom disini mengenai ‘desktop cube’ dan ”rotate cube’ karena compizconfig-setting-manager dapat melakukan konfigurasi seperti effek minimize, maximize, shadow, ataupun efek hujan pada Ubuntu, Namun kali ini kita langsung tekan tombol Close Saja(gak mau ribed :D).

Untuk melihat sukses tidaknya tinggal kita tekan ctrl+alt+(tombol kanan atau kiri atau bawah) atau dengan ctrl + alt + drag mouse kiri lihat cantiknya😄.

Rotate Cube di Ubuntu

Rotate Cube di Ubuntu

Oh ya sebelumnya Workspace anda harus lebih dari dua, cara mengaturnya adalah dengan klik kanan pada “Workspace Switcher” dan ‘properties’ (saya rasa anda mengerti, jadi cukup sampai disini yaa :))

~Happy Linux~


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: