Linux | Wisata | Makanan | Game

Berbagi Apa yang Saya Miliki Walau Hanya Sedikit

Antara Perintah su sudo dan gksu

pada 31 Maret 2012

Belum lama seorang temen post di wall minta dijelaskan mengenai perintah su, sudo su, sudo -s, gksu, gksudo. Ternyata hal yang mirip tersebut bisa lumayan fatal bila kita salah menggunakan dan penjabaran yang dibutuhkan lumayan jadi gw tulis di sini.

1. SU

Kita mulai dari su, dulu ketika masih pake distro berbasis slackware atau redhat jaman dulu gw selalu gunain ini untuk tugas-tugas/command yang sifatnya “administrator only” seperti kita ingin menghapus file milik sistem (yang notabene punya root). So saat gw mau membuat file kosong bernama “mamed” misalnya di directory /etc gw mesti make su dulu buat “subtitute user” sebagai root (karena seorang user tidak boleh memodifikasi file/folder selain di home folder dia).

su di linux

su di linux

As you can see sebenarnya su dipakai buat berganti user misal si ujang login trus mau menjadi udin biar bisa ngambil data di home udin yang di protect maka perintahnya jadi: $ su udin. 

Setelah kita mengetik su, maka kita diwajibkan mengetik password dari orang yang mau kita ambil alih usernya, misal kita tulis $su udin yo mesti kita kasi passwordnya udin bukan passwordnya si aceng, atau kasi tau password root kalo kita emang pengen jadi root.

su -s di linux

su -s dengan shell sh

Untuk command su ada beberapa opsi tambahan yang bisa kita lihat di manualnya (man su) misalnya kita mau login root namun memakai shell lain selain shell default dari root (biasanya /bin/bash) katakanlah kita ingin memakai /bin/sh sebagai shell yang akan kita gunakan saat jari root nanti, maka kita cukup mengetik $su -s /bin/sh. Maka kita akan dibawa kedalam shell /bin/sh sebagai root. okay that’s all bro/sis.

2. SUDO

Kemudian ketika gw nyoba distro bernama ubuntu gw terbengong mencret saat mau install sebuah package. Karena gw terbiasa pakai su dan su itu wajib mengisi password root, lha wong waktu nginstal gak ditanya acan dan gak diminta isi password root, lah trus gimana?

Nah itu sih begonya gw aja dulu, di distro2 yang gw pake belakangan dibekali oleh sebuah perintah bernama sudo. Sudo ini digunakan untuk mengerjakan satu baris perintah yang sifatnya “administratif” dan setelah perintah dijalankan, shell mengembalikan kita ke user biasa kita.

Aturan2 siapa yang boleh menggunakan sudo ini diatur di file “/etc/sudoers” dan satu hal yang membedakan sudo dengan su adalah dalam sudo kita diminta memasukkan password user kita sendiri, bukannya password root. Jadi password root tetap dibuat random.

sudo di linux

sudo di linux

Lalu bagaimana kalo kita pengen masuk sebagai root (dengan su) karena malas ngetik sudo ini sudo itu? Gampang, kita bypass su dengan perintah sudo su. Jadi kita akan menjalankan perintah su dengan memasukan password user kita sendiri (karena melalui sudo).

3. GKSU/GKSUDO

Gksu sama dengan gksudo atau bisa kita sebut satu perintah dengan dua nama. Sebenarnya sistemnya sama dengan sudo, cuman gksu biasanya digunakan buat jalanin aplikasi yang sifatnya graphical user interface(gui) yang mengambil pustaka gtk karena gksu biasanya buat Gnome dan KDE yang memakai qt menggunakan kdesu.

gksu di linux

gksu di linux

Biar ga banyak jigong kita langsung praktek aja, misal gw mau jalanin gparted yang butuh autentikasi root, maka gw ketik gksu di terminal ataupun dari run (alt+f2) yaitu $gksu gparted. Maka gw bakal disuruh isi password user gw tapi kali ini dalam sebuah jendela pop-up grafis, bukan seperti kalo gw jalanin via sudo yang langsung isi password di terminal.

Sebetulnya menggunakan sudo untuk menjalankan aplikasi GUI itu tidak masalah karena gksu/kdesu hanya bentuk graphical dari sudo sendiri. Namun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yang akan saya bahas di post selanjutnya mengenai sudo dan gksu.

selamat berbagi, koreksi bila ada yang salah ya om/tante.


Tinggalkan Balasan

