Linux | Wisata | Makanan | Game

Berbagi Apa yang Saya Miliki Walau Hanya Sedikit

Perbedaan sudo dengan gksu / kdesu

pada 4 April 2012

Sebelumnya di tulisan antara perintah su dan sudo gw udah janji mau nulis bedanya sudo dengan gksu. Pada tulisan sebelumnya gw ngasi perbedaan sederhananya adalah sudo untuk terminal, sedangkan gksu (karena sama dengan kdesu yang kdesu gak gw sebutin lagi ye) digunakan untuk grafis.

Perbedaannya ternyata cukup lumayan, gw bahas satu persatu.

1. DESKTOP vs CLI (Command Line Interface)

Buat yang terbiasa gunain sisi desktop mungkin ada yang pengen ngebuat sebuah shortcut/launcher di desktop buat task yang sifatnya administrator, misalnya nautilus sebagai root buat copy2 file ke system.

sudo nautilus

sudo nautilus

Misal gw bikin Nautilus as root sebagai sebuah shortcut di desktop, kemudian perintah commandnya gw tulis sudo nautilus tanpa memilih opsi application in terminal, maka sampe gajah betelor emas juga gak bakal kebuka itu nautilus, karena perintah sudo itu meminta jendela pengisian password via terminal, sedangkan kita tidak memilih application in terminal, so gak ada terminal yang keluar buat isi password.

gksu nautilus

gksu nautilus

Solusinya? Pilih opsi Application in terminal atau gunakan command gksu nautilus, karena dengan gksu kita disediakan jendela pop-up untuk pengisian password.

solusi

solusi shortcut

2. alt + f2 vs terminal

Sama halnya dengan shortcut, untuk yang terbiasa menggunakan alt+f2 untuk menjalankan aplikasi tertentu maka bila kita menggunakan sudo nautilus hendaknya mencentang run in terminal, atau menggunakan gksu nautilus tanpa mencentang run in terminal.

alt+f2

alt+f2

Untuk Yang ini gak perlu dibahas banyak karena mirip pembahasan pertama.

3. File Konfigurasi yang di rujuk (cerai kalee :p)

Nah ini yang must be concern, karena walaupun sudo dan gksu sama-sama meminta aksi sebagai administrator/root namun keduanya memilih jalan yang berbeda(ceile lo-gw-end :p).

Sudo mengubah diri menjadi root untuk menjalankan program dengan memakai file konfigurasi user yang menjalankan sudo tersebut, sedangkan

Gksu mengubah diri menjadi root untuk menjalankan program dengan memakai file konfigurasi root.

Penerapannya gw praktekin deh, kita ambil contoh penggunaannya untuk menjalankan firefox.

ubah theme dan homepage

ubah theme dan homepage user biasa

Terlebih dahulu sebagai user biasa, gw ngerubah tampilan dan default homepage pas awal-awal kita jalanin itu browser jadi aizurikimaru.wordpress.com. Setelah semua udah gw close.

ubah config as root

ubah config sebagai root

Kemudian gw substitute sebagai root dengan perintah su baru deh gw jalanin firefox tanpa merubah tampilan, hanya merubah default homepage ke http://www.youtube.com.

Kemudian coba kita buka terminal kemudian ketik gksu firefox, maka kita akan diarahkan ke firefox dan membuka situs youtube.com. Tidak ada yang aneh,  memang inilah konfigurasi root tadi.

open firefox dengan gksu

buka firefox dengan gksu

Selanjutnya di terminal kita ketik lagi sudo firefox, apa yang tampil? Alih-alih theme dan diarahkan ke youtube kita malah melihat tampilan firefox ala user kita, baik theme-nya ataupun default homepagenya (ke aizurikimaru.wordpress.com) Nah lo kenapa yang harusnya pake konfigurasi root jadi pake konfigurasi user kita?

Buka Firefox dengan sudo

Buka firefox dengan sudo

Dan dalam modus sudo ini diharap jangan ganti2 konfigurasi karena yang dipakai adalah file konfigurasi si user biasa, sehingga kalo kita ganti config-an nanti file config-annya diakuisisi oleh root, dan diubah kepemilikannya jadi punya root.

So benang merah yang dapat kita tarik adalah penggunaan yang pada tempatnya yaitu gunakan sudo untuk menjalankan task-task yang ada pada lingkup kerja command line, dan gunakan gksu dalam lingkup task yang bersifat GUI.

Mohon dikoreksi bila tulisan saya salah, selamat berlinux🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: